Rabu, 23 Maret 2011

BURUNG KENARI




USAHA BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI

 
BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI
Budidaya ternak burung kenari, pada umumnya banyak yang ber skala  rumahan atau sampingan, masih sedikit budidaya ternak burung kenari yang di jadikan suatu incam pendapatan utama, hanya pada daerah – daerah tertentu saja budidaya ternak burung kenari menjadi suatu peluang usaha yang utama, maka  timbulah banyak sebutan – sebutan dari hasil budidaya ternak burung kenari, yang pada akhirnya terkenal dengan sentral ternak kenari.
Ada beberapa yang mempengaruhi  seseorang atau penghoby dalam budidaya ternak kenari hanya terbatas sekedar hoby atau usaha sampingan :
1- Burung kenari dalam pemeliharaan tebatas bagi mereka yang suka atau hoby burung saja
2- Mudahnya dalam budidaya ternak burung kenari, yang mengakibatkan bila terjadi over produksi berpengaruh terhadap harga
3- Walau mudah dalam budidaya ternak burung kenari, kalau tidak punya waktu juga ketelatenan tidak akan bisa menjalakan  budidaya ternak burung kenari
4- Burung kenari rentan dari hawa dingin dalam melakukan budidaya ternak burung kenari perlu kerodong juga penerangan
5- Minimnya pengetahuia tentang keberadaan burung kenari, belum memasnyarakatnya keberadaan burung kenari kalau di bandingkan dengan ayam kampung yang sudah menjadi tradisi di kampung – kampung
Terlepas dari itu semua bila Anda benar – benar mau menekuni budidaya ternak burung kenari akan memetik hasil yang menjanjikan sebagai peluang usaha dengan modal kecil, dalam budidaya ternak burung kenari masalah modal bisa Anda sesuainkan dengan keinginan juga keberadaan modal Anda miliki, tidak harus mengeluarkan modal yang besar terlebih dahulu, dengan 1 – 2 pasang burung kenari yang Anda beli dari masih kecil sudah bisa untuk memulai budidaya ternak burung kenari.
Seiring bertambahnya pemain atau penghoby burung kicau saat ini, keberadaan burung yang beraneka warna dan jenisnya ini menjadi incom tersendiri.
Tips – tips sederhana cara budidaya ternak burung kenari :
1- Anda bisa dengan cara membeli kenari dari hasil penangkaran burung kenari yang baru saja dilakukan penyapihan oleh indukannya, (cara memilih perhatikan diantara baberapa anakan sering melakukan cumbuan dengan anakan yang lain, kalau kedua tersebut berjenis kelamin berbeda sanggat baik sebagai induk, kalau berbeda jenis kalaminya pandai dalam merawat anakan nantinya, juga akan cepat dalam penjodohan, dalam hal ini anda harus bisa menentukan jenis kelaminnya agar supay tidak salah dalam penjodohan), dengan sistem ini Anda sudah bisa menekan biaya budidaya ternak burung kenari, apalagi Anda membeli di tempat saudara atau kenalan pastilah harga lain ?
2- Keuntungan lain dari budidaya ternak burung kenari  Anda akan mengetahui kondisi  burung, bila sudah afkir Anda bisa mengetahui dengan jelas, setelah usia burung sekitar 8 bulan sudah saatnya untuk di jodohkan, kalau kurang dari usia tersebut hasil yang di peroleh kurang baik terhadap hasil anakan atau juga terhadap indukan. Yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah kedua burung tersebut berjenis kelamnin jantan dan betina, jangan sampai saat penjodohan kondisi induk kelebihan lemak yang di tandai dengan kulit di sekitar perut dan leher bewarna kuning, dengan kondisi seperti itu induk tidak akan cepat betelur, langkah yang harus Anda lakukan adalah menjemur induk kenari tersebut sampai gajih hilang atau habis yang di tandai kondisi leher dan perut kelihatan dagingnya(merah), induk baru Anda lakukanpenjofohan lagi
3- untuk mempercepat penjodohan dalam budidaya ternak burung kenari yang harus Anda lakukan dengan jalan pintas, akan tetapi modal yang Anda keluarkan kelihatanya banyak, dari pada Anda memulai ternak burung kenari dengan jalan membeli anakan baru di jadikan indukan, dalam hal ini yang Anda harus lakukan pilihlah induk atau pejantan yang memenuhi syarat untuk di jadikan mesin ATM ?
diantaranya: induk baik yang jantan atau betina harus sudah cukup umur juga sudah pernah produksi,
Kalau semua sudah Anda peroleh, dalam penjodohan yang baik jantan yang sudah pernah produksi(isi) Anda pasangkan dengan betina yang belum pernah produksi begitu sebaliknya.
sebagai catatan mengenai umur pada umumnya umur 8 bln sudah bisa, akan tetapi perlu Anda perhitungkan juga kondisi tubuh burung kenari yang siap produksi , bila yang berukurang kecil bisa dimungkinkan umur 7 bln begitu jug sebaliknya kenari yang berbadan besar bisa lebih antara 1-1,5tahun baru bisa Anda jodohkan. Walau tidak semua jenis burung kenari seperti tersebut.
4- Kebutuhan pakan, dalam budidaya ternak burung kenari yang harus tersedia adalah milet juga minum, selain makanan sampingan diantaranya telur rebus bisa telur ayam atau telur puyuh, sawi, gambas, niger dan asinan pakan milet. 1psg kebutuhan pakan milet dalam 1 bln kurang lebih ½ kg , 1 minggu sebelum betelur di kasih makan telur puyuh 1 butir dalam sehari sampai habis bertelur. Bila mempunyai anak 4 kebutuhan makan telur puyuh 1 hari 2 butir, kalau kondisi anakan sudah”mepek” muar kebutuhan akan makanan telur puyuh menjdai 3 butir per hari selama 2 minggu, umur anakan sekitar 20 – 25 di kasih telur lagi, bila musim panas di kasih tambahan sawi atau gambas kurang lebih 3 tangkai untuk sawi. untuk anakan yang baru lahir juga perlu adanya makan lunak berupa sun. agar supaya penetasanya setidaknya bisa seragam waktunya perlu pengambilan telur yang pertama sampai kondisi akrem baru telur tadi di tetaskan bersama – sama, bila terjadi telur berjumlah 4 butir sarang harus Anda lebarkan bila melai menetas yang pertama agar tidak terlalu sempit juga terhidar dari tumpang tindih yang menyebapkan kematian , bila musim penghujan perlu kehangatan, pemberia lampu, untuk memperoleh hasil yang baik dalam 3X periode produksi perlu diistirahatkan. Dalam 1 tahun kandang perlu pembersihan lakukan penyemprotan anti septic.
Oo… hampir lupa dalam budidaya ternak burung kenari  anak yang baru memetas perlu sinar mata hari walau sebentar, tanda penjemuran sudah cukup kalau anak kenari sudah ber gerak – gerak harus Anda hentikan.
Untuk anakan unur 5 bln perlu kandang umbaran baru di pindah ke sangkar sendiri – sendiri, jantan mupun betina sampai tanda birahi muncul.
Agar budiaya ternak burung kenari yang Anda kelola bisa tetap exis, Anda harus memiliki ciri tersendiri semisal pada umumnya sekarang ini banyak peternak menernak burung kenari berjenis kecil Anda harus yang berjenis besar walau modal yang Anda keluarkan agak besar sedikit kalau Anda bandingkan dengan burung kenari yang berjenis kecil (sengaja kami tidak menyebutkan jenis masing masing kenari )
KEUNTUNGAN BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI
1- Modal yang Anda butuhkan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi modal yang Anda punyai
2- Dalam budidaya ternak burung kenari tidak membutuhkan tempat yang luas
3- Tidak perlu tenaga ahli juga tidak memakan waktu dalam perawatan sehari – hari
4- Bisa sebagai usaha sampingan
5- Hobby Anda tersalurkan disamping mendapatkan hasil nominal.
KELEMAHAN BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI
1- Kebutuhan dari hasil budidaya tenak burung kenari terbatas pada kebutuhan hobby
2- Banyaknya peternak burung kenari yang berskala rumahan
3- Mudahnya budidaya ternak burung kenari yang berakibat over produksi berpengaruh terhadap harga jual burung hasik ternakan
4- Kebutuhan permintaan burung kenari di tentukan ramai tidaknya hobby burung kicau
5- Masuknya burung kenari import
ANALISA BUDIDAYA TERNAK BURUNG KENARI
Modal tetap :
Membeli 1 sangkar ternak                          Rp   35.000
1 pasang induk siap jodoh warna standart  Rp 350.000
Jumlah modal tetap                                     Rp 385.000
Modal tidak tetap :
Kebutuhan akan pakan milet I pasang selama 1 bln kurang lebih 1/2kg @ Rp 8.000
selama 1 tahun 6 kg  x Rp 8.000 = Rp 48.000/thn
sawi + gambas kurang lebih           Rp 20.000thn
telur puyuh                                      Rp 25.000/thn
julah modal tidak tetap                   Rp 93.000/thn
Modal keseluuhan, modal tetap + modal tidak tetap Rp 385.000 + Rp 93.000 = Rp 478.000
Hasil yang di dapat selama 1 tahun dari dari 1 psg induk kenari
1 tahun  produksi kurang lebih 6x  dengan sekali produksi 4 tetasan. Harga jual umur 2 bln Rp 80.000
keuntungan selama 1 thn 6 x 4 x Rp 80.000 = Rp 1.920.000
Keuntungan bersih selama 1 thn 1 psg induk kenari Rp 1.920.0000 – Rp 478.000 = Rp 1.442.000
Dengan catatan kalau dalam perjalan budidaya ternak burung kenari tersebut tidak ada kendala sama sekali. Disamping itu 1 pejantan bisa di pasangkan minimal 3 induk

 

Cara ternak/budidaya kenari untuk pemula


Berikut adalah Cara berternak atau budidaya burung kenari untuk pemula,jika anda sedang mencari informasi atau tips panduan budidaya kenari silakan di simak. Pada postingan yang lalu saya admin blog "Masterz Seo" pernah menulis artikel dengan judul cara ternak ikan cupang hias dan budidaya ikan lele dengan sukses barang kali anda sedang mencari inspirasi untuk memulai usaha di bidang itu silakan di baca.

cara ternak kenari


Baiklah kalau begitu kita langsung saya ke topik utama yang akan saya bahas yaitu cara berternak atau budidaya burung kenari untuk pemula.
Sebelum memulai berternek kenari sebaikya anda harus memperhatikan faktor-faktor berkut diantaranya :

  • Usia burung kenari
Usia burung kenari menjadi salah satu faktor yang penting dalam memulai budidaya kenari. Pada umumya indukan yang sudah siap di kawinkan untuk kenari jantan berumur sekitar 8 bulan sedangkan untuk indukan burung kenari betina kira-kira berumur 6 bulan. Jadi anda harus tau kapan kenari siap untuk di kawinkan karena bila usia kenari terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.

  • Jenis kelamin burung kenari
Dalam berternak kenari anda harus wajib mengenali jenis kelamin kenari. Mungkin untuk para master kenari sangat mudah membedakan kenari jantan dan betina tapi untuk seorang pemula saya yakin anda pasti akan kerepotan dalam hal ini.

  • Kandang atau sangkar untuk kenari
Sebaikya tempatkan sangkar burung kenari menempel di dinding hal ini bertujuan agar sangkar tidak goyang-goyang. Tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan jauh dari keramaian agar saat kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Tempatkanlah sangkar di daerah yang aman dari gangguan semut atau pun serangga.

  • Proses perjodohan kenari
Proses yang satu ini memang agak rumit dan sulit karena tidak semua kenari yang kita jodohkan akan berhasil. Jika anda merawat anak kenari dari kecil dan mempunyai jenis kelamin yang berbeda kemungkinan besar anakan kenari ini akan sangat mudah untuk di jodohkan. Tapi jika anda membeli burung kenari eceran atau misalnya anda sudah mempunyai burung kenari jantan di rumah dan membeli lagi burung kenari betina di pasar tentunya burung kenari tersebut tidak akan langsung bejodoh jadi anda harus menjodohkan dahulu dengan cara :
Tempatkan kenari jantan dan betina di sangkar yang berbeda dan kedua sangkar tersebut di letakan saling berdekatan. Dengan adanya proses tersebut anda akan tau kesiapan kenari tersebut untuk kawin.
Lakukan hal tersebut setiap hari sampai terlihat tanda-tanda sang jantan bila di dekatkan dengan betina akan mengejar atau menabrak sangkar dengan kencang dan sang betina menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
Biasanya pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari jantan dan betina tidur saling berdekatan.
Cara ternak atau budidaya burung kenari selanjutnya adalah dengan menaruh sarang. Bila Burung kenari betina mulai menyusun dan merapikan sarang berarti sang betina ini sudah siap untuk bertelur

Kenari Untuk Pemula

Banyak email maupun sms yang minta dibahas mengenai proses ternak kenari dari awal sampai akhir. Disini Saya mencoba membahas mengenai ternak kenari dari awal penjodohan sampai pembesaran anak kenari dengan sangat gambang dan sangat mendasar. Mungkin bagi senior-senior akan menjenuhkan tetapi saya piker akan sangat bermanfaat bagi pemula.

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari
Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.
Jenis kelamin
Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya. Adapun cirinya yaitu :

Sarana Penunjang dalam beternak
Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

Proses penjodohan
Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
Dijemur setiap pagi

Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.

Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

Proses Ternak
Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.

Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya.
 
 

Budidaya burung kenari tanpa konsep neka-neka

Konsep peternakan burung kenarinya sangat sederhana, hanya bertujuan mencetak anakan kenari dan beberapa burung indukan impor dan lokal.

Demi menghasilkan sesuatu yang berguna bagi dirinya, juga mencari kesibukan selepas masa baktinya pensiun dari Lapas Sukamiskin Bandung, Dayat Sudrajat, yang pekerjaan sebelumnya karyawan Lapas yang dikhususkan untuk para koruptor negeri ini, sekarang kehidupan pribadinya dipenuhi suara indah kenari dan hasil ternakannya.

ternak burung kenari

induk betina burung kenari AF

pejantan burung kenari red frost

Indukan kenari jantan yellow mozaik

Piyikan atau anak burung kenari penangkaran Dayat

Ada 20 kandang penjodohan dan tempat ternaknya dalam usaha penangkaran burung kenari ini. Beberapa indukan Kenari jenis Red Intensif, Yellow Mozaik, Black Red dan Red Frost menjadi andalannya dalam mencetak kenari berwarna indah. Tidak ada target khusus darinya. Berawal dari coba-coba menjadi sesuatu yang berguna baginya.

“Perawatan kesehariannya dibantu anak saya Hendra, mulai proses perkawinan peneluran sampai penetasan saya tangani bersama anak saya,” ujar Dayat.

“Pemilihan indukan saya serahkan kepada anak saya, dia yang memilih calon dan jenis indukannya,” lanjutnya.

Tidak neko-neko

Bapak yang beralamat persis di belakang Lapas Sukamiskin Bandung ini, tidak neko-neko dalam usaha berternaknya. Ada tiga poin yang mendasari keberhasilannya dalam beternak burung kenari.
Pertama program yang terarah, disusul fokus pada kegiatan yang manfaat dan yang terakhir bergegas menuju pekerjaan berikutnya jika tugas sebelumnya sudah selesai.

Tiga poin tersebut menjadi landasannya dalam beternak kenari. Meski sederhana pemikirannya dalam mengawali kegiatan berternak, landasan struktural yang dibangun menjadi manajemen disiplin tersendiri yang patut diacungi jempol.

Pembelajaran secara otodidak, memberikan arti baginya, bahwasannya berternak kenari mudah bila dilakukan sepenuh hati. Beberapa basil ternakannya sudah terbang ke para penghobi, meski tidak kejar tayang dalam kegiatan ternaknya. Hal ini memberikan kesibukan yang positif bagi Dayat dan sang anak.

 “Pembelajaran terjadi bersamaan dengan masa kegiatan berternak. Kendala-kendala kerap ditemui, tetapi hal ini merupakan proses alami dalam pembelajaran. Masa pensiun menjadi lebih indah, dikarenakan kegiatan ternak ini, selain menghasilkan juga menjadi kesenangan tersendiri bagi saya,” katanya menutup pembicaraan

Budidaya Burung Kenari

1.Pemilihan Indukan

Tentukan dan pilih terlebih dahulu indukan memiliki postur tubuh yang bonsor (besar) dan panjang lebihdari ukuran kenari-kenari pada umumnya hal ini dikarenakan tubuh indukan yang besar dapat dipastikan memiliki penampang dada yang lebar sehingga proses mengerami telur memiliki suhu sangat konstan antara 32-37 derajat celsius sehingga proses mengerami memiliki prosentase keberhasilan 80%.postur yang kecil dari burung kenari memiliki penampang dada yang cenderung lebih sempit sehingga pada saat menjalani proses mengerami telur suhu yang dapat tidak begitu konstan dikarenakan lebar dada tidak mampu menaungi seluruh telur,jumlah telur burung kenari rata rata berjumlah antara 3-6 butir.

2.Perawatan Selama Proses Pengeraman

Perlu di ingat proses mengerami telur memekan waktu kurang lebih selama 2 minggu dan tentunya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain:
a. Jangan memandikan burung pada saat burung menjalani pengeraman telur karena bulu yang basah akan mengakibatkan suhu telur menjadi dingin sehingga dapat menyebabkan kegagalan dalam pembentukan anakan.
b. Hendaknya tidak memberikan wadah tempat air minum dengan ukuran yang besar agar burung tidak mandi
c. jangan melakukan penjemuran pada saat burung menjalani proses pengeraman telur karena pada saat menjalani proses pengeraman telur burung akan cenderung makan dan minum lebih sedikit dibandingkan pada saat burung tidak mengerami telur,sehingga kalau dilaksanakan penjemuran tubuh burung akan banyak mengalami evaporasi(penguapan) sehingga dapat menimbulkan dehidrasi (kekeringan) dan dapat menyebabkan kematian.


3.Penyapihan Anakan

Lakukan penyapihan anakan kenari setelah mereka telah berumur satu bulan atau lebih atau ditandai dengan anakan tersebut telah mampu untuk hidup mandiri seperti makan,minum dan dapat melakukan aktifitas tanpa bantuan induknya atau dengan kata lain induk burung tersebut telah tidak lagi menyuapi anaknya lakukan penjemuran secara rutin antara jam 07:00 sampai dengan jam 8:30 pagi lakukan penjemuran secara bertahap hal ini mencoba adaptasi burung terhadap sinar matahari danjangan menjemur anakan melebihi ketentuan yang tersebut di atas dikarenakan anakan burung masih belum mampu untuk menahan terik matahari yang terlalu panas hal ini dapat menyebabkan mortality(kematian), anakan yang telah berumur 2 bulan atau lebih dapat dilakukan penjemuran antari jam 07:00 sampai dengan jam 10:00 dan jangan melebihi dari jam tersebut karena cahaya terlalu terik dan juga sinar matahari di atas jam 11:00 bersifat racun yang disa menyebabkan timbulnya penyakit dan bahkan kematian


Cara Budidaya Burung Kenari. Burung Kenari adalah burung penyanyi yang sangat banyak penggemarnya. Memiliki variasi warna yang beragam dan kombinasi warna yang unik. Merawat burung Kenari sangatlah mudah dan menyenangkan.
KARAKTER DASAR BURUNG KENARI
Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
Penyanyi dan petarung. Apabila mendengar suara burung kenari lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Variasi pakan yang kurang tepat, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Kenari betina dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.
Tidak mudah stress. Burung jenis ini sudah ratusan tahun ditangkarkan oleh manusia.
PEMILIHAN BAHAN BURUNG KENARI YANG BAIK
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Kenari
Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Kenari jantan dapat dilihat bentuk tubuh yang serasi, mengeluarkan suara cuit yang lebih nyaring dan keras. Pilihlah kenari jantan yang memiliki vent lebih besar dan panjang.
Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang.
Kepala berbentuk kotak. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
Gambar Burung Kenari Piaraan
MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG KENARI
Bijian Mix. Pakan utama burung ini adalah Canary Seed. Tetapi kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran.
Sayuran dan buah-buahan. Burung Kenari sangat menggemari sayur dan buah-buahan seperti: daun selada, daun sawi, gambas, mentimun, paprica, wortel, buah apel, buah pir, jagung muda.
Telur dan Kroto. Pada kondisi tertentu, kedua pakan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan, vitalitas fungsi-fungsi organ burung Kenari.
Asinan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
Roti kering. Disamping menggemari pakan-pakan diatas, burung Kenari juga menyukai roti kering (jangan berikan roti kering yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi).
PERAWATAN DAN STELAN HARIAN
Perawatan harian untuk burung Kenari relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.
Berikut ini Pola Perawatan harian dan Stelan Harian untuk burung Kenari:
Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung)
Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Pakan dan Air Minum.
Berikan Sayuran segar atau Buah.
Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
Kontrol Pakan, Air Minum, Sayuran dan Buah.
Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.
PENTING
Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu.
Telur Puyuh dapat diberikan 2x seminggu.
Variasi pemberian sayuran segar dan buah-buahan adalah kunci keberhasilan dalam perawatan burung kenari.
Asinan harus selalu tersedia didalam sangkar.
Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
PENANGANAN APABILA KONDISINYA OVER BIRAHI
Berikan Mentimun selama 2 hari berturut-turut
Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja
Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama
PENANGANAN APABILA KONDISINYA DROP
Berikan buah Apel 4 hari berturut-turut
Perbanyak campuran Lin Seed, Niger Seed dan biji Fumayin pada pakan bijiannya.
Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi 3x seminggu
Mandi dibuat 2 hari sekali saja
Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Kenari lain dahulu
Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari
PERAWATAN DAN STELAN UNTUK LOMBA
Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.
Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Kenari:
H-3 sebelum lomba, berikan buah Apel diselingi Kroto.
H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
1 Jam sebelum di gantang lomba, berikan burung Telur Puyuh.
PENTING
Sebaiknya, mulai H-6 burung diisolasi. Jangan sampai melihat dan mendengar suara burung Kenari lain.
PERAWATAN DAN STELAN PASCA LOMBA
Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.
Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Kenari:
Perawatan dan Stelan pakan dikembalikan ke Stelan Harian.
Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.
PERAWATAN DAN STELAN PADA MASA MABUNG
Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak. Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.
Berikut ini Pola Perawatan masa mabung:
Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari
Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Tambahkan biji Niger Seed, variasikan pemberian sayuran segar dan buah.
Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.
Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.
Mari kita berternak Burung Kenari. Semoga sukses..! Salam Kicaumania...
Sumber:

Jenis-jenis Kenari

13 08 2011
Budidaya Kenari Jenis Belgia Budidaya Kenari Jenis Border
Budidaya Kenari Jenis Cinnamon
Budidaya Kenari Jenis Crest
 Budidaya Kenari Fife Fancy Budidaya Kenari Frill
 Budidaya Kenari Jenis Gloster Budidaya Kenari Lancashire
 Budidaya Kenari London Fancy Budidaya Kenari Norwich
 Budidaya Kenari Roller Budidaya Kenari Scotch
 


2 komentar: